6 Tips Membuat Password Yang Aman Untuk Akun Anda

Khawatir dengan keamanan password/sandi akun pribadi anda?

6 saran dari Motto.Time.com berdasarkan http://www.realsimple.com ini dapat membantu anda membuat sandi yang aman untuk akun anda. Check this out!

1. Buat password secara acak

“jika anda ingin membuat password yang benar-benar aman, hal terbaik adalah dengan cara membuatnya secara acak,” demikianlah yang diungkapkan oleh Jospeh Boneau, seorang anggota perkumpulan teknologi (technology fellow) di Electronic Frontier Foundation.

“lempar dadu atau jika ada gunakan beberapa daftar kata online yang dapat anda pilih secara acak. Buatlah sesuatu yang benar-benar acak.”  

2. Lebih panjang, lebih baik

Password yang lebih panjang akan lebih aman, ungkap Lorrie Faith Cranor, ketua ahli teknologi di komisi perdagangan pemerintahan: “pada umumnya, orang-orang harus membuat password setidaknya 12 karakter panjangnya. “terlebih lagi, ketika menggabungkan angka, huruf, dan karakter khusus, cobalah untuk benar-benar menggabungkan itu semua. Jangan menyatukan atau mengelompokkan semua karakter huruf diawal atau diakhir password.

3. Hindari pola

Orang-orang sangat “mudah ditebak” ketika membuat password, ungkap Cranor. “contohnya, jika diminta untuk menggunakan huruf capital, kebanyakan orang akan meletakannya di awal. Jika diminta untuk menggunakan symbol, maka mereka menggunakan tanda seru dan meletakannya di akhir.” Ketika anda membuat password, hindari sesuatu yang jelas – misalnya seperti tanggal ulangtahun dan nama – namun hindari juga urutan berdasarkan pola keyboard, karena orang-orang mengira bahwa itu terlihat acak,” ungkap Cranor. “namun sebenarnya pola keyboard, entah itu kiri, kanan, atau diagonal, itu semua termasuk diantara pola password yang mudah ditebak.”

 

4. Simpan dengan aman

Bonneau menyarankan untuk menyimpan password anda di kertas dan menyimpannya pada tempat yang anda rasa aman, seperti di dompet.” Jangan kirim password-password anda melalui email. Jika anda merasa takut untuk menyimpannya di kertas, coba menggunakan pengelola password elektronik, seperti LastPass atau Dashlane.

 

5. Ubah hanya jika diperlukan

Anda mungkin sudah tahu bahwa anda perlu mengubah password anda secara berkala, namun baik Cranor maupun Bonneau berkata bahwa itu tidak perlu. Karena pada kenyataannya, penelitian menunjukkan bahwa ketika orang-orang harus mengubah password mereka, mereka mengubah itu “berdasarkan pola yang mudah ditebak,”
ungkap Cranor, sehingga password mereka seringkali justru menjadi lebih lemah.

 

 

6. Tetap jaga email anda tetap aman

Kesalahan terbesar yang dibuat orang-orang adalah dengan menggunakan password yang sama untuk banyak akun, khususnya akun penting yang anda inginkan tetap aman. Tentu saja, anda tahu bahwa password akun keuangan anda haruslah kuat, dan unik… begitu juga dengan email anda. “seseorang yang bisa mengakses akun email anda akan dapat dengan segera mengubah password di akun anda yang lainnya dan mengumpulkan link reset dari email anda,”ungkap Cranor. Dan situs jejaring social juga harus terlindungi dengan baik, sebagaimana orang-orang dapat menggunakan akun-akun tersebut untuk menirukan anda atau memanfaatkannya untuk hal negatif.

Demikian tips yang dapat anda pertimbangkan dalam membuat kata sandi untuk akun anda.

 

Source:
http://motto.time.com/4248212/password-security/
(6 Password Security Tips to Keep Your Accounts Safe – Motto)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s