Susah mau minta maaf? Lakukan ini deh :)

Pernah gak sih guys kalian merasa sulit untuk minta maaf?
Satu kata yang sulit buat diucapin, padahal kita sendiri tahu kalau kita salah dan harus minta maaf, tapi tetep aja kadang susah buat ngucapinnya. Nah, ada “5 cara untuk meminta maaf seperti layaknya orang dewasa” yang bisa kalian coba nih guys. Perlu digaris bawahin ya guys, layaknya orang dewasa . Kenapa aku underline itu? Karena berada usia dewasa tidak menjamin bahwa ‘minta maaf’ akan lebih mudah untuk diucapkan. Jadi, Yuk simak …. 🙂

1. kalian tidak bisa meletakan diri di posisi orang lain. Jangan pernah mencoba untuk melakukan itu.

Mungkin ketika kalian mendengarkan cerita orang lain atau bahkan curhatan teman dekat, kebanyakan dari kita akan berusaha untuk mengerti posisi mereka dengan membayangkan diri kita sebagai orang tersebut. Iya gak? Nah, Ini adalah salah satu jebakan besar, karena kalian tidak bisa melakukannya. Kenyataannya adalah, apa yang kita ekpresikan (misalnya tindakan, perkataan, dll) tidak sama seperti yang orang lain lakukan. Dengan kata lain, kadang kita memang bisa mengerti, tapi kita tidak akan benar-benar tahu karena bukan kita yang mengalaminya langsung. Kemampuan kalian untuk membayangkan rasa sakit oranglain bukan jaminan kalau kalian bisa merasakan rasa sakit itu. Jadi, kalau kalian membayangkan diri kaian dalam situasi orang lain dan kalian berpikir, “Ok, itu tidak akan membuatku kesal” – terus???
Guys, kalian gak mengalaminya langsung gak peduli seberapa keras kalian berusaha menempatkan diri diposisi orang lain. We will never understand their pain!

2. Minta maaflah atas apa yang kalian lakukan

“maafin aku kalau kamu jadi ngerasa terluka”, “Maaf kalau kamu jadi berpikir seperti itu”. Ini kalimat-kalimat yang kalian ucapkan waktu minta maaf????? Meminta maaf adalah mengatakan, “aku telah … (kesalahan kalian) dan itu menyebabkan … (dampak perbuatan kalian) maafkan aku.”

Jika kalian gak tahu perbuatan apa yang membuat orang lain sakit hati karena kalian, kalian harus berusaha keras atau cukup bersikap jujur saja dan mengakui bahwa kalian gak tahu kesalahan kalian.

Kalau tidak tahu, cukup katakan saja. Beberapa orang ada dong yang minta maaf padahal gak tahu kesalahan kalian apa?! Nah, Ada saat dimana kalian mengatakan hal-hal yang melukai oranglain dan kalian merasa bersalah – ada saat dimana kalian mengatakan hal-hal yang melukai orang lain dan kalian tidak tahu. Kalian telah berbuat demikian, tapi bahkan kalau kalian gak merasa bersalah, itu gak berarti orang lain gak berhak merasa sakit hati.

3. Kalau kalian merasa bersalah, pikirkan apa yang bisa kalian lakukan untuk memperbaiki keadaan atau mencegah agar peristiwa yang sama tidak terjadi lagi.

Ungkapkan hal itu pada seseorang yang ingin kalian mintakan maaf kalau mereka mau mendengarkan. Maaf gak akan ada artinya kalau kalian tidak sungguh-sungguh terus semenit berikutnya melupakan kalau itu pernah terjadi.

Hal terpenting adalah mencari tahu bagaimana kalian bisa memperbaiki kesalahan, dan jika kalian tidak bisa, pikirkan bagaimana untuk mencegah itu terjadi lagi dikemudian hari. Perlu dicatat juga, jika kalian diposisi sebagai orang yang bersalah, orang yang kalian sakiti tidak berhutang apa-apa ke kalian. Jadi kalian harus cari tahu tentang kesalahan kalian sendiri dan bersyukurlah kalau mereka mau memberitahukan tentang kesalahan kalian.

4. Tidak ada kata “tapi”.

“maafkan aku, tapi…” kalau kalian ngomong kaya gini, kayanya harus diguyurin satu ember air deh di atas kepala kalian supaya kalian bisa berpikir jernih. Hehehe
Guys, itu bukan permintaan maaf, melainkan suatu alasan. Kalau kalian meminta maaf, maka itu adalah saat dimana kalian mengakui kesalahan kalian dan memikirkan tentang perasaan seseorang yang kalian sakiti. Kalian harus tahu kalau perasaan dan pendapat kalian gak bisa memperbaikinya.

“Tapi dia juga salah kok”. Itu yang ada di pikiran kalian? Tenang – tunggu giliran kalian. Sampaikan permintaan maaf kalian terlebih dahulu. Dengan sungguh-sungguh ya. Biarkan kekesalan orang tersebut ke kalian mereda. Setelah itu baru deh cari waktu yang tepat untuk membicarakan tentang keluhan kalian, dan kalau orang tersebut tidak meminta maaf atas kesalahannya, kalian tidak perlu menarik permintaan maaf kalian lagi. Ingat, kalian adalah orang dewasa. Jadi, bersikap seperti oang dewasa 🙂

5.  Ingat bahwa memaafkan bukanlah bagian dari suatu perjanjian.

Maksudnya guys, orang yang kalian sakiti tidak berhutang apapun loh ke kalian. Misalnya kalau kalian minta maaf berarti orang yang dimintakan maaf wajib memaafkan kalian. Gak gitu guys. Mereka gak wajib tuh hukumnya mendengarkan kalian. Mereka juga gak harus memaafkan kalian. Mereka juga gak harus menyukai kalian. Kalian bisa aja minta maaf, tapi jawaban mereka malah “kamu jahat, aku tidak mau mendengar itu. Kau orang yang menyebalkan”

Tahu gak? Itu sah-sah aja. Mereka gak harus ndengerin kalian dan ‘kalian itu adalah orang yang jahat’ bagi mereka. Mereka boleh aja mikir kaya gitu. Bahkan selamanyaaaaaaa. Lagian gak ada seorangpun yang berhutang persahabatan dengan kalian. Gak ada seorangpun yang berhutang memberikan maaf pada kalian. Misalnya kalian udah memohon-mohon maaf setiap hari tapu orang yang kalian mintakan maaf bilang, ”no, aku tidak akan memaafkanmu” Itu juga gak masalah guys. Guys, gak berarti kalian harus memohon setiap hari, penolakan mereka untuk memaafkan bukanlah suatu bentuk serangan kepada kalian. Kalian sudah melakukan kesalahan. Selama mereka gak melanggar hak asasi kalian atau berniat mencelakai kalian ataupun ingin balas dendam, mereka boleh saja memandang rendah terhadap diri kalian, ya gimana lagi guys emang kalian yang bikin salah … hehehehe
Nah, kalau udah kaya gitu gak berarti minta maaf itu jadi gak penting lagi. Tetep ya guys harus minta maaf karena itu adalah hal yang tepat dan benar untuk dilakukan

(link source: http://motto.time.com/4245347/apologizing-like-a-grownup/)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s