Ulasan K-Drama: Goblin episode 1

Episode ini memberikan cukup informasi mengenai karakter-karakter dalam drama. Pada bagian awal dinarasikan mengenai Legenda Goblin, dimana Goblin pada awalnya adalah manusia biasa yang mendapat kutukan hidup abadi.

 

collage1

Karakter Kim Shin (Gong Yoo) adalah seorang jenderal perang hebat yang telah melewati dan memenangkan banyak pertempuran. Ia sangat disegani dan dihormati, terutama oleh rakyat yang saat itu melihatnya pulang dengan membawa kemenangan dalam perang. Namun ia dijatuhi hukuman mati oleh raja. Bukannya mati, Kim Shin justru hidup abadi. Ia mendapat kesempatan untuk kembali hidup karena orang-orang yang menyayanginya. Namun karena ia telah mengambil banyak nyawa dengan pedangnya, ia akan hidup abadi, melihat orang-orang yang ia cintai mati, dan ia harus mencari pengantinnya-satu-satunya yang bisa mencabut pedang yang dulu tertancap di dadanya. Dan dengan begitu, ia baru bisa mati dengan tenang. Hal ini adalah hadiah sekaligus hukuman dimana ia harus melalui banyak kehidupan serta harus menemukan pendampingnya hanya untuk bisa mati dengan tenang.

 

collage3
Karakter Eun Tak (Kim Go Eun) adalah gadis yang periang dan tegar walau dengan segala hal buruk yang dialaminya setelah kematian sang ibu. Eun Tak seharusnya sudah mati sejak dalam kandungan ketika ibunya mengalami kecelakaan. Namun berkat pertolongan Goblin, sang ibu dan ia tetap hidup. Hingga ketika Eun Tak berusia 9 tahun dihari ulangtahunnya, ibunya mengalami kecelakaan dan meninggal. Ia kemudian harus tinggal dengan keluarga bibinya yang hanya menginginkan uang asuransi ibunya. Eun Tak harus hidup menderita di keluarga itu. Hingga kemudian ia tanpa sadar memanggil Goblin yang awalnya ia kira adalah hantu. Hal ini karena ia memiliki kelebihan untuk dapat melihat hantu.

 

collage4
Karakter Grim Reaper (Lee Dong Wook) terlihat dingin dan sedikit bicara, terutama ketika ia datang pada orang-orang yang ada dalam daftar kematiannya. Namun ia juga memiliki sisi humoris yang bisa dilihat dari perilakunya. Ia memiliki hubungan yang tidak baik dengan Kim Shin dimana mereka sering berdebat. Hal ini memburuk ketika ia harus tinggal serumah dengan Kim Shin.

 

collage5
Karakter Deok Hwa (Yook Sung Jae) adalah anak yang cukup pembangkang. Ia diperkenalkan pada Kim Shin oleh kakeknya. Deok Hwa ternyata adalah keturunan dari  orang yang mengabdikan dirinya pada Kim Shin pada jaman Goryeo. Rupanya hal ini tetap berlangsung hingga Deok Hwa lahir.

 

collage6

Episode 1 memberikan adegan-adegan yang menyentuh. Ketika seorang jenderal besar (Kim shin) dengan pengabdiannya membela kerajaan atas nama raja dalam perang, bukannya pujian atau penghargaan yang ia terima, tapi justru dianggap sebagai ancaman.

collage2

Keluarga dan tentaranya dibunuh. kemudian raja memberikan hukuman mati padanya atas tuduhan pemberontakan yang sebenarnya hanyalah akibat dari ketakutan sang raja pada kekuatan Kim Shin yang luar biasa.

 

collage7
Kemudian ketika Eun Tak pulang kerumahnya dari sekolah di hari ulangtahunnya yang ke-9 tahun. Ia mendapati ibunya duduk dan di depannya ada kue ulangtahun yang disiapkan untuk Eun Tak. Eun Tak menyalakan lilin-lilin yang sudah terpasang di atas kue, ia kemudian memandang ibunya. Itulah saat ia tahu bahwa yang ada dihadapannya adalah arwah ibunya. Untuk anak seusianya, Eun Tak terlihat dewasa dalam menghadapi peristiwa memilukan yang sedang menimpanya saat itu. Ibunya meninggal di hari ulangtahunnya, namun sang ibu masih menemui Eun Tak walaupun hanya sebagai arwah.

 

Tidak hanya tentang kepiluan, romansa juga mulai diperlihatkan. Beranjak dewasa, Eun Tak bertemu dengan Kim Shin, Goblin yang dulu menolong ibunya (dan juga dirinya saat masih di kandungan).

collage8

Pertalian mereka sebagai Goblin dan pengantin Goblin mulai terlihat. Eun Tak mulai menunjukkan ketertarikan pada Kim Shin. Sedangkan Kim Shin yang pada awalnya dibuat bingung dengan Eun Tak dimana ia tidak bisa melihat masa depan gadis ini, dan juga pada kenyataan bahwa Eun Tak bisa memanggilnya, membuatnya mulai menunjukkan ketertarikan.

 

collage9
Humor juga menjadi bumbu manis yang bisa dilihat antara Goblin dan Grim Reaper. Dua makhluk dengan segala kelebihannya, bertengkar karena hal-hal sepele. Dengan latar belakang mereka yang hebat, pertengkaran mereka terlihat childish namun menarik dan sedikit lucu. Perkembangan hubungan mereka tentunya akan menarik untuk disimak, entah mereka pada akhirnya akan berteman atau justru pertengkaran mereka akan memburuk.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s