Ulasan K-Drama: Goblin episode 2

 

collage

Eun Tak yang mengikuti Kim Shin ikut berteleportasi yaitu ke Kanada. Ini adalah perpindahan antara dua tempat begitu kontras dimana sebelumnya mereka berjalan di dalam bangunan dengan nuansa putih kemudian beralih tempat dengan nuansa arsitektur yang sangat berbeda.

 

collage1
Momen perpindahan lainnya saat Kim shin mengunjungi makam rekan-rekannya. Adegan awal memperlihatkan batu-batu nisan, lalu perlahan beralih pada adegan flashback Kim Shin di masa lalu. Hal itu memberikan kesan flashback yang kuat dimana ia harus melihat rekan-rekannya meninggalkannya, generasi mereka berganti, namun ia tetap hidup seorang diri.

 

360goblin-episode-1-mp4_001123789

Sejauh ini, Scenery yang ditampilkan di setiap perpindahan tempat memberikan kesan yang kuat pada setiap adegannya. Khususnya di taman bunga tempat pedang Goblin tertancap. Kesan lonely, sad, dan gloomy begitu terasa, terlebih dengan adanya pedang yang tertancap disana dengan segala sejarahnya.

 

collage2

Momen gloomy lainnya muncul ketika Kim Shin berusaha menarik pedang yang tertancap di dadanya. Itu memperlihatkan sisi lainnya betapa ia sebenarnya lelah dan ingin mengakhiri kehidupan abadinya.

 

collage3

Karakter Eun Tak sebenarnya bold & honest terlepas dari keadaan tidak menyenangkan yang dialaminya. Ia tidak malu untuk menyatakan perasaannya dan ia juga periang. Hal ini yang mulai menarik Kim Shin untuk perlahan menyukai Eun Tak.

 

collage4

Kembali pada karakter Goblin, mungkin Kim Shin adalah jenderal perang yang berwibawa di era Goryeo, namun bisa dilihat bahwa sebenarnya ia memiliki sisi humoris yang ia ekspresikan lebih melalui kepada perilakunya. Bisa dilihat, walaupun ia seperti tidak senang setiap kali Eun Tak memanggilnya, ia mulai mengantisipasi hal itu. Ia mempersiapkan dirinya agar tetap terlihat berwibawa dan cerdas kalau secara tiba-tiba Eun Tak memanggilnya. Ia bahkan bolak-balik menanyakan pendapat Grim Reaper mengenai penampilannya. Sikapnya tampak lucu dan menggemaskan. 😀

 

collage5

Ada beberapa fakta yang mulai muncul di episode ini. Goblin (Kim Shin) mungkin memang harus menderita karena harus hidup abadi. Ia melewati banyak generasi selama ia hidup, namun paling tidak ia tidak harus menjalaninya sebagai orang miskin yang lemah. Seperti yang ia katakan pada Grim Reaper bahwa ia memiliki emas dan uang. Di lain pihak, Deok Hwa juga memberikan pernyataannya bahwa ketika Kim Shin mabuk, ia selalu membuat tumpukan emas dan memamerkannya pada Deok Hwa ketika ia kanak-kanak. Ini bisa menjelaskan darimana kekayaannya berasal. Selain itu, Goblin memiliki kemampuan untuk mengabulkan permohonan, dapat membaca masa depan, serta tentunya memiliki kekuatan super.

 

collage6

Berbeda dengan Goblin, Grim Reaper sepertinya memang harus mengakui bahwa ia tidak seberuntung Goblin dalam hal keuangan, padahal pekerjaannya sangat sibuk. Ia hanya mendapatkan uang dari uang pelayat yang ia kumpulkan. Seperti ketika saat dimana dua Grim Reaper bertemu di sebuah kafe. Salah satunya menyatakan keluhannya mengapa mereka harus memiliki tempat untuk tinggal, merasa mengantuk dan juga lapar sedangkan mereka tidak tidur dan makan (mengacu pada pekerjaan mereka yang padat sehingga tidak memiliki waktu untuk tidur dan makan). Kemudian topi yang Grim Reaper pakai rupanya bukan hanya sekedar untuk gaya saja, namun benda itulah yang membuat mereka tidak terlihat oleh mata manusia.

collage7

Mengenai kekuatan, Grim reaper juga lebih lemah daripada Goblin. Terlihat ketika Kim Shin sedang dalam suasana hati yang kurang baik, Grim reaper menunjukkan ekspresi segan dan tidak ingin membuat masalah dengan Goblin.

 

collage8
Momen disaat Grim Reaper memberikan teh kepada jiwa yang ia jemput juga selalu menarik untuk dilihat. Hampir setiap jiwa yang disuguhi teh tersebut selalu menyakan hal yang sama, “apa saya harus meninum ini?”, Seolah mereka tidak ingin melupakan apa yang mereka alami semasa hidup mereka. Namun, Grim Reaper memberikan jawaban yang tak kalah menarik ketika ada dua jiwa (dulunya sepasang kekasih) yang meninggal akibat kecelakaan mobil setelah bertengkar hebat. Grim Reaper hanya memberikan teh kepada si wanita. Grim Reaper mengatakan bahwa ia tidak memberikan teh kepada si pria karena si pria harus mengingat semua perilaku buruk yang ia lakukan dan akan menderita karena penyesalan yang ia rasakan.
Tentunya ini menyadarkan bahwa meminum teh dan melupakan semua kenangan semasa hidup adalah hal terbaik, kemudian bisa menjalani hidup baru. Saat itulah Grim reaper jadi teringat pada Goblin …..

 

collage9
Hubungan Goblin Dan Grim reaper semakin menunjukkan perkembangan. Sebagai dua makhluk berbeda yang tinggal di satu atap, interaksi tentu tidak terelakkan. Meski selalu bertengkar dan saling mengejek, namun itu merupakan pertengkaran yang penuh humor untuk disaksikan. Grim Reaper mulai terlihat membantu Goblin dalam masalahnya begitu juga sebaliknya. Hubungan unik keduanya menjadi semakin menarik dengan adanya Deok Hwa yang cukup troublemaker.

Untuk karakter Deok Hwa, walaupun sering membuat masalah, namun ia terbilang anak yang cukup cerdas. Di usia delapan tahun, ia bisa menebak bahwa Kim Shin adalah seorang Goblin. Bahkan Kim Shin sendiri tidak tahu bahwa Deok Hwa sudah mengetahui tentang dirinya. Tingkah polahnya bisa cukup diantisipasi di episode-episode mendatang.

 

collage10
Karakter Sunny (Yoo In Na) mulai muncul sebagai seorang pemilik restoran yang terbilang masih misterius. Kepribadiannya terlihat kuat dan cuek. Keberadaannya jelas membantu Eun Tak yang kemudian datang ke restorannya untuk melamar pekerjaan.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s