Review K-Drama: Goblin Episode 12

 

Sunny tampak depresi setelah Grim Reaper mengungkapkan siapa dirinya yang sebenarnya. Terlebih lagi ia begitu ingin bertemu dengan Grim Reaper.

collage

Sedangkan Grim Reaper sendiri tidak jauh berbeda. Ia menceritakan pada Goblin bahwa Sunny sekarang sudah tahu siapa ia yang sebenarnya.

 

 

collage1

Ketika keduanya sedang bicara, Grim Reaper menyadari Eun Tak sedang mencarinya dengan membawa buku yang berisi salinan surat yang ditulis Goblin. Eun Tak masih penasaran tentang siapa cinta pertama Goblin (padahal cinta pertamanya Goblin ya Eun Tak :D).

 

Jadi Eun Tak bermaksud meminta bantuan Grim Reaper untuk mengartikan tulisan yang ia yakini adalah surat cinta seperti yang dikatakan Deok Hwa padanya. Namun, Goblin mengatakan bahwa itu bukanlah surat cinta dan Deok Hwa tidak mungkin bisa membaca tulisan itu.

“Suatu hari setelah 100 tahun, ketika cuaca cukup baik”, kata-kata itu tidak pernah ditulis oleh Goblin dan hanya ia ucapkan dalam hati. Jadi tidak mungkin Deok Hwa bisa tahu. Hal itu menimbulkan kecurigaan bagi Grim Reaper karena Deok Hwa tahu banyak hal mengenai Grim Reaper dan Goblin.

 

 

collage2

Akhirnya Goblin dan Grim Reaper mencari Deok Hwa yang sedang berada di sebuah klub malam. Namun yang saat itu mereka temui bukanlah diri Deok Hwa yang sebenarnya, namun tuhan/dewa. Hal ini cukup membuat Goblin maupun Grim Reaper terkejut.

 

 

collage3

Segerombol grim reaper datang ke restoran ayam milik Sunny dan dibuat terpesona dengan kecantikan Sunny. (Oh Goodness! :D)

 

Saat mereka sedang makan, Sunny tiba-tiba datang membawakan hidangan gratis. (Sepertinya Sunny tahu bahwa mereka adalah Grim Reaper)

 

 

collage4

Grim Reaper mendapat kartu kematian kakek Deok Hwa dan segera memberitahukannya pada Goblin. Ia menyuruh Goblin untuk menemui kakek Deok Hwa selagi masih ada waktu, namun Goblin menolak.

collage6

Tapi setelah itu ia menangis sejadi-jadinya di dalam kamar atas kematian orang yang begitu setia padanya itu. Mendengar tangisan Goblin, Eun Tak juga turut merasakan kesedihan Goblin. Sambil menitikkan air mata, ia menuliskan surat mengenai Shin Woo (kakek Deok Hwa). Eun Tak masuk kekamar Goblin dan memberikan pelukan pada lelaki yang sedang berduka itu.

 

 

collage8

Di lain tempat, Deok Hwa yang saat itu sedang bekerja keras di tempat bisnis kakeknya dijemput oleh sekretaris Kim. Ia juga meminta Deok Hwa untuk mengenakan setelan pakaian yang sudah disiapkan sekretaris Kim. Pada saat itu, Deok Hwa mengerti bahwa kakeknya telah tiada.

 

 

collage9

Goblin membawa Deok Hwa pulang yang saat itu terlihat sangat terpukul atas kematian kakeknya. Ia merasa bersalah terhadap kakeknya. Terlebih lagi ia sekarang sendirian tanpa kakeknya. Namun Goblin berusaha menenangkan Deok Hwa dan mengatakan bahwa Deok Hwa masih memiliki dirinya sehingga ia tidak perlu merasa khawatir.
Setelah kepergian kakeknya, Deok Hwa bertekad untuk belajar dengan sungguh-sungguh dari bawah. Ia juga akan belajar untuk menjadi kakak, ayah, dan kemudian sebagai kakek untuk Goblin seperti yang kakeknya telah lakukan.

 

Sekretaris Kim diangkat menjadi pimpinan perusahaan menggantikan kakek Deok Hwa. Selain itu kakek Deok Hwa rupanya juga sudah mempersiapkan kartu kredit untuk Deok Hwa. Sedangkan untuk sekretaris Kim sendiri, ia meninggalkan surat mengenai Kim Shin.

 

 

collage10

Park Joong Won kembali mendatangi Eun Tak dan memperkenalkan dirinya. Ia juga memberitahu gadis itu bahwa Wang Yeo, Raja yang Goblin layani saat menjadi jenderal adalah Grim Reaper.

 

 

 

collage11

Perasaan Grim Reaper sedang tidak menentu dan butuh teman bicara. Ia kemudian menemui Eun Tak karena ia tidak tahu lagi kepada siapa lagi orang yang bisa ia ajak bicara. Ia mempertanyakan dosa besar apa yang dilakukannya sehingga ia bia menjadi seorang grim reaper. Namun ia menebak bahwa ia ada hubunganya dengan kehidupan Kim Shin dan adiknya.

 

Ia menyatakan bahwa ada tiga orang yang melakukan dosa besar di masa itu, yaitu Kim Shin yang memenggal kepala para musuh, Wang Yeo yang memerintahkan untuk membunuh Kim Shin dan adiknya, dan Park Joong Woon yang menyebabkan kematian Kim Shin dan adiknya. Menurutnya, ada dua kemungkinan, yaitu bahwa ia adalah Wang Yeo atau Park Joong Woon di kehidupan yang lalu. Namun yang jelas, siapapun dirinya, itu berarti ia adalah musuh Kim Shin dan ia tidak bisa bersatu dengan Sunny.

 

 

collage12

Seorang grim reaper wanita mendatangi Sunny dan menjabat tangan Sunny setelah sempat ditemui oleh roh Park Joong Woon dan menyuruh grim reaper itu untuk memegang tangan Sunny apabila ia ingin tahu siapa dirinya di masa lalu. Rupanya ia adalah dayang yang bersekongkol dengan Park Joong Won. Ia juga yang mengirimkan racun untuk di minum oleh Kim Sun namun berhasil dicegah oleh Wang Yeo.

 

 

collage13

Grim Reaper datang menemui Sunny dirumahnya. Ia menyatakan ketakutannya tentang kemungkinan ia adalah seseorang tertentu dalam kehidupan lalu Sunny (Park Joong Woon atau Wang Yeo). Ia berharap bahwa Sunny hanya mengingat kenangan yang baik. Ia kemudiam mencium Sunny, sehingga wanita itu mengingat tentang kehidupannya di masa lalu. Setelah Sunny bisa mengingat tentang kehidupan lampaunya, Grim Reaper mengkonfirmasi apakah ia dan Kim Shin ada dalam memorinya. Sunny hanya menganggukkan kepalanya.

 

 

collage14

 

Keesokan harinya Kim Shin kembali menemui Sunny dengan alasan mengembalikan uang. Kim Shin terkejut dan juga gembira mengetahui Sunny sudah mengingat dirinya dan kehidupan masa lalunya. Kedua berpelukan dan menangis haru.

 

 

collage15

Dirumah, Deok Hwa mengajak Grim Reaper bermain baduk. Saat sedang bermain, Grim Reaper memegangi dadanya. Deok Hwa menanyakan apa yang terjadi. Ia merasakan sakit bertepatan dengan hari dimana Goblin pergi ke kuil untuk menerbangkan lentera dengan tulisan nama Kim Sun dan Wang Yeo, sehingga menurut Deok Hwa tidak mungkin Goblin yang menjadi penyebabnya.

 

 

collage16

Goblin menjemput Eun Tak ke kampusnya. Didalam perjalanan, Goblin bercerita bahwa Sunny sudah mengingatnya. Eun Tak juga kemudian memutuskan untuk menceritakan bahwa ia bertemu dengan roh Park Joong Won. Setelah mengantar Eun Tak pulang, Goblin mencari roh Park Joong won dan berhasil menemukannya. Goblin menebas roh Park Joong won namun ternyata tidak memberi efek apapun padanya. Ia kemudian memberitahu Goblin bahwa Wang Yeo adalah Grim Reaper yang selama ini tinggal bersamanya.

 

 

collage17

Setelah itu, Goblin dengan ekspresi penuh emosi mencari-cari dimana keberadaan Grim Reaper yamg ternyata berhasil ditemuinya di kuil tempat Goblin menerbangkan lentera. Goblin menaiki tangga untuk mencapai tempat dimana Grim Reaper berdiri. Goblin kemudian mencekik leher Grim Reaper sambil berkata “pejuang Kim Shin memberi salam pada yang Mulia”

 

 

 

 

***

Teori:

Di episode 8, terungkap fakta bahwa wanita berbaju merah yang dulunya dalam rupa nenek dipanggil sebagai tuhan/dewa oleh Goblin. Ia juga yang menciptakan manusia. Namun rupanya ia bukanlah yang memberikan kutukan pada Goblin. Seperti yang bisa dilihat di episode ini, tuhan/dewa yang mengutuk Goblin menampakkan diri dalam bentuk kupu-kupu yang rupanya kali ini muncul di hadapan Goblin dan Grim Reaper dengan raga Deok Hwa.

collage18

Ia mengeluhkan tentang Goblin yang merasa bahwa tuhan tidak mendengarkannya padahal ia selalu mendengar semua yang Goblin ungkapkan. Ia bahkan mengabulkan keinginan Goblin untuk bisa mati, namun mengapa Goblin justru masih hidup hingga sekarang. Ia juga mengeluhkan Grim Reaper yang beranggapan bahwa hilangnya memori dirinya di masa lampau adalah rencana tuhan, padahal Grim Reaper sendiri yang memutuskan untuk menghapus memorinya. Artinya mereka mempersalahkan tuhan atas hal-hal yang sebenarnya adalah hasil dari perbuatan mereka sendiri. Setelah mengatakan itu semua, ia keluar dari raga Deok Hwa dan pergi dalam bentuk kupu-kupu. Kemudian Deok Hwa bangun seperti tidak terjadi apa-apa.

 
Sepertinya, bukan sekali atau dua kali tuhan/dewa memakai raga Deok Hwa, banyak peristiwa yang melibatkan Deok Hwa yang terasa janggal dan tidak masuk akal bisa Deok Hwa lakukan, terkecuali apabila tuhan/dewa sedang memakai raganya. Seperti ketika Deok Hwa berhasil menemukan Eun Tak di ski resort. Saat itu muncul kupu-kupu dan beberapa saat kemudin Deok Hwa memberikan kabar keberadaan Eun Tak pada Goblin. Kemudian saat Deok Hwa membantu mengurus mobil-mobil yang meledak karena perbuatan Goblin. Ia sampai meminta bantuan Grim Reaper untuk menghapus ingatan para korban. Grim Reaper sempat merasa aneh darimana Deok Hwa tahu kalau ia bisa menghapus ingatan seseorang padahal Grim Reaper tidak pernah memberitahunya.

 

 
Selain itu juga ada adegan dimana ia dalam raga Deok Hwa dan wanita berbaju merah bertemu membicarakan mengenai Goblin, Grimp Reaper, Eun Tak dan juga Sunny.

collage19

Dari percakapan mereka, memang bisa disimpulkan bahwa kutukan yang dialami Goblin serta segala hal yang terjadi antara mereka berempat adalah tanggung jawabnya. Wanita berbaju merah itu bahkan memintanya untuk berhenti mempermainkan Goblin dan Grim Reaper. Namun ia mengatakan bahwa itu semua adalah takdir.

 

 

 

collage20

Selain itu keberadaan Park Joon Woon benar-benar membawa masalah. Bahkan saat ia sudah menjadi roh, ia masih terus mengganggu Goblin dan Grim Reaper.

 

 

 

 

 

(BottomSea)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s