Ulasan K-Drama: Goblin Episode 14

 

collage

Akhirnya pedang Goblin tercabut dan Goblin bisa kembali menjadi abu. Namun sebelum itu terjadi, Goblin berjanji pada Eun Tak bahwa ia akan kembali sebagai hujan dan datang di saat hari pertama turun salju seperti yang tertulis dalam perjanjian antara dirinya dan Eun Tak.

 

 

collage1

Rupanya, dengan kematian Goblin, bersamaan dengan itu juga semua orang yang mengenalnya lupa akan dirinya. Kenangan tentang dirinya terhapus dari memori mereka semua, tidak terkecuali Eun Tak. Namun sebelum ia lupa tentang Goblin, Eun Tak sempat menulis dalam buku catatannya bahwa ia harus mengingat tentang Kim Shin dan bahwa Eun Tak adalah seorang pengantin Goblin.

collage2

Goblin berada di tempat antara kehidupan dan kematian yang berupa hamparan padang pasir putih. Suara dewi kelahiran dan dewa yang muncul dalam rupa kupu-kupu terdengar memberitahukannya bahwa ia telah dihapus dari memori semua orang yang mengenalnya. Hukumannya telah berakhir dan kini ia bisa melupakan segalanya dan tidur dengan tenang. Namun ekpresi Goblin saat itu sama sekali tidak menunjukkan kegembiraan, justru malah air mata menetes di pipinya. Goblin memutuskan untuk tetap berada disana demi Eun Tak.

 

 

9 tahun berlalu….

collage3

Eun Tak sudah menjadi seorang produser program radio. Eun Tak tidak ingat tentang Goblin. Ia bahkan lupa dengan Grim Reaper, tapi ia masih bertemu dengan Sunny dan terlihat masih dekat. Ia juga masih memakai kalung yang pernah Goblin berikan, tapi ia tidak ingat tentang riwayat kalung yang ia pakai itu. Selain itu, Ia sudah tidak melihat hantu lagi. Namun walaupun ia sudah lupa tentang Goblin, ia selalu merasakan kesedihan yang luar biasa setiap kali turun hujan tanpa ia tahu sebabnya.

collage4
Sedangkan di tempat lain, Goblin masih terus berjalan tanpa henti dan terus mencari. Ia masih memegang surat perjanjian antara dirinya dan Eun Tak.

 

 

 

collage5

Hari pertama turunnya salju tiba. Eun Tak duduk seorang diri dengan sebuah kue dan lilin di pangkuannya. Ia bertanya-tanya tentang apa, siapa dan janji apa yang telah ia lupakan. Ia kemudian meniup api lilin…

 

 

collage6

Di tempat lain, Goblin bisa mendengar apa yang saat itu Eun Tak katakan dalam hatinya. Ketika api lilin ditiup oleh gadis itu, hal mengejutkan terjadi. Eun Tak berhasil memanggil Goblin. Akhirnya, Goblin bisa keluar dari padang pasir dan kembali pada Eun Tak. Sayangnya saat itu Eun Tak tidak bisa mengenali Goblin dan begitu terkejut ketika Goblin tiba-tiba memeluknya. Pertemuan mereka kembali berakhir demikian.

collage7

 

 

 

 

collage8

Goblin kemudian datang menemui Deok Hwa dan sekretaris Kim (ah, dia sudah jadi CEO :D), tapi mereka tidak mengenalinya. Ia juga datang ke tempat Sunny, tapi ia hanya memandangi adiknya dari kejauhan karena ia tahu pasti adiknya sudah tidak ingat tentang dirinya. Terakhir ia datang melihat Grim Reaper, beruntung ternyata Grim Reaper masih ingat dengannya.

collage9

Tidak seperti yang lain, Grim Reaper tidak kehilangan atas semua memorinya di masa lalu termasuk tentang Goblin. Goblin mendapat bantuan dari Grim Reaper, ia kembali kerumah dimana ia dan Grim Reaper dulu tinggal bersama.

 

 

collage10

Rupanya selama Goblin tidak ada, Grim Reaper juga tidak pernah datang menemui Sunny, karena ia tahu Sunny pasti juga sudah tidak ingat tentang dirinya. Itu ia anggap sebagai hukuman untuknya. Namun ia masih tetap update tentang kabar Eun Tak.

 

 

 

collage11

Eun Tak berada di sebuah kafe saat kemudian ia meniup lilin yang ada di mejanya. Tanpa ia ketahui, ia telah memanggil Goblin. Eun Tak terkejut karena tiba-tiba Goblin duduk dihadapannya. Eun Tak mengatakan bahwa ia melihat Goblin ada di depan gedung kantornya. Goblin menjawab bahwa saat itu untuk melihat seseorang karena ia sangat merindukan orang tersebut.

 

 

 

Untuk bisa menemui Eun Tak, Goblin perlu melakukan banyak hal sebagai alasan dimana itu memerlukan uang sedangkan ia sama sekali tidak memilikinya. Selama ini ia meminjam uang Grim Reaper dan tidak mungkin terus-menerus meminjam darinya.

collage12

Akhirnya ia datang menemui Deok Hwa dan CEO Kim untuk bisa membantunya memenuhi segala hal yang ia butuhkan. Saat ia mengatakan bahwa dirinya adalah Kim Shin, CEO Kim langsung mengerti bahwa ia adalah orang yang dimaksud Yu Shin Woo (kakek Deok Hwa) dalam surat peninggalannya bahwa semua yang ia miliki adalah milik Kim Shin.

 

Dengan bantuan CEO Kim, Goblin bahkan bisa membantu Eun Tak yang saat itu membutuhkan sponsor untuk program radionya.

 

 

 

collage13

Deok Hwa mendapat surat yang diperuntukkan untuk Eun Tak (sebenarnya adalah surat yang Eun Tak tulis sendiri untuk dirinya saat ia di Kanada bersama Goblin). Grim Reaper menyarankan Deok Hwa untuk memberikan surat itu pada Goblin, namun Goblin justru memberikan surat itu pada Grim Reaper untuk diberikan kepada Sunny sebagai alasan untuk bisa menemui Sunny.

Beberapa kali Grim Reaper datang mengantarkan surat ke restoran Sunny, tapi wanita yang ia cari tidak pernah berhasil ditemuinya.

 

 

 

collage14

Sunny memberikan surat yang ia terima dari pegawainya kepada Eun Tak. Rupanya restoran yang Grim Reaper datangi adalah restoran yang lama, sedangkan Sunny lebih sering ada di restoran barunya. Jadi wajar saja Grim Reaper tidak berhasil menemui Sunny disana.

Setelah membaca surat tersebut, ia tahu bahwa tulisan surat itu adalah tulisan tangannya. Ia bertanya-tanya bagaimana mungkin ia bisa mengirimkan surat dari Kanada sedangkan ia tidak memiliki paspor dan apa yamg sebenarnya terjadi 9 tahun yang lalu.

 

 

 

collage16

Goblin menelepon Eun Tak dan memperkenalkan diri sebagai Yu Shin Jae. Goblin mengajak Eun Tak bertemu dan mengatakan bahwa ia telah memutuskan untuk mengencani Eun Tak. Saat itu sikap Eun Tak menunjukkan bahwa ia menyukai Goblin terlepas dari segala memorinya dahulu bersama Goblin yang telah ia lupakan. Eun Tak juga memberitahukan bahwa ia akan mengambil waktu liburan ke luar negeri.

 

 

 

collage17

Eun Tak memutuskan pergi ke Kanada untuk mencari jawaban atas segala hal yang selalu ia tanyakan dalam hatinya, mengenai siapa Kim Shin dan apa yang sebenarnya terjadi 9 tahun yang lalu. Gadis itu akhirnya tiba di Kanada. Ia datang ke hotel tempat dimana surat yang terima dikirimkan.

 

 

 

collage18
Saat sedang jalan-jalan melihat sekitar, Eun Tak melewati pintu yang biasa dipakai Goblin untuk berteleportasi. Untuk beberapa saat Eun Tak memandangi pintu itu seolah ia merasa tidak asing dengan itu, sampai tiba-tiba pintu terbuka dan Goblin muncul dari sana. Goblin tertangkap basah mencari Eun Tak kesana.

collage20

 

 

 

***

It’s good to see that Goblin could come back for Eun Tak. Tapi Goblin harus menerima kenyataan kalau semua orang yang dulu mengenalnya lupa akan dirinya.

 

 

Beruntung Grim Reaper tidak kehilangan memorinya. Jadi Goblin tidak harus merasa sendirian.

collage21

Pada kesempatan itu Grim Reaper juga akhirnya bisa secara langsung memohon maaf pada Goblin karena tidak bisa melindungi orang yang ia cintai dan juga Goblin sebagai orang yang melindungi Goryeo, negaranya. Ia merasa sudah menerima cinta tapi ia sendiri tidak memberikan cinta pada siapapun. (He looks so much in pain T.T)

 

 

Momen saat Goblin sedang berbincang dengan Grim Reaper di rumah mereka dan tiba-tiba Deok Hwa datang. Yang ada hanyalah kepanikan! Haha

collage22

 

 

 

Saat ketika Goblin datang untuk melihat Eun Tak dari depan gedung kantornya. Lihat bagaimana bunga-bunga bermekaran …. artinya Goblin sangat bahagia saat itu bisa melihat Eun Tak lagi, walaupun saat itu Eun Tak tidak ingat lagi tentang dirinya. (Love is painful :’D)

collage23

 

 

 

(Gak tau lagi harus gimana sama Kim Shin ….. :D) Karena gak punya uang untuk beli barang-barang sebagai alasan untuk sekedar bertemu Eun Tak, Grim Reaper harus menjadi korban. Lihat bagaimana ekpresi Grim Reaper yang benar-benar terganggu karena kedatangan Goblin yang bolak-balik meminjam uang darinya. (LOL) 

collage24

 

 

 

Seperti halnya karakter Deok Hwa yang misterius, sang kakek sebenarnya tidak kalah misterius.

collage25

Saat ia meninggal, ia memberikan surat pada Sekretaris Kim dimana surat itu memberitahukan bahwa seseorang dengan nama Kim Shin akan datang melalui hujan dan pergi sebagai api berwarna biru untuk mengambil kembali apa yang menjadi miliknya. Melihat itu seolah-olah seperti ia sudah tahu bahwa ketika pedang Goblin dicabut maka orang-orang yang mengenalnya akan lupa tentang memori bersama Goblin.

collage26

Itu sebabnya ia meninggalkan surat tersebut untuk CEO Kim. (It’s strange, isn’t it?)

 

 

 

 

 

(BottomSea)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s