Review K-Drama: Defendant Episode 3 & 4

Review K-Drama: Defendant Episode 3 & 4 ini adalah review drama Korea Defendant (2017)  yang berisi seputar sinopsis, ulasan dan perspektif atas alur cerita serta karakter penokohan drama tersebut.

 

 

Flashback pada peristiwa setelah meninggalnya Seon Ho.

Jeong Woo berusaha kembali menangkap Min Ho dan dengan melakukan tes sidik jari. Min Ho yang sebelumnya sudah mendapat peringatan dari anak buahnya mengenai kedatangan Jeong Woo segera berusaha menghindar. Ia memegang pipa panas di pabriknya sehingga sidik jarinya pun rusak.

Defendant eps 3

Ulasan Defendant eps 3

Eun Hye datang ke kantor polisi dan bertemu detektif Oh Jong Min, orang yang menginterogasi Jeong Woo tentang kasusnya pertama kali. Saat itu, rupanya Jeong Woo mengakui bahwa ia membunuh istrinya. Sejak itu, Eun Hye mulai mencari Data-data kasus Jeong Woo.

Jeong Woo reminisce his family's happiness

Didalam penjara, Jeong Woo memegang foto pertemuan istrinya dengan seorang pria yang diduga sebagai selingkuhannya. Jeong Woo menganggap bahwa itu merupakan hal mustahil dan tidak dapat menerima hal itu. Ia teringat masa-masa bahagia yang ia lewati bersama anak dan istrinya. Itu semua membuatnya menangis.

Defendant ep 3

Di lain tempat, Min Ho dengan segala perbuatan jahat yang dilakukannya masih bebas menyanar sebagai Seon Ho. Ia kini mendapat apa yang selama ini Seon Ho miliki, termasuk kekuasaan sebagai pemimpin di Chamyung Group. Dalam wawancara yang ia lakukan bersama istri Seon Ho, sang istri sangat terlihat tidak nyaman berada didekat Min Ho. Ketika ditanya mengenai hubungan mereka, ia bahkan dengan sengaja mengatakan bahwa suaminya terlihat seperti orang baru setiap hari. Tentu pewawancara tidak menangkap arti sebenarnya dari perkatan istri Seon Ho tersebut karena yang semua orang tahu adalah orang yang berada disebelah sang istri adalah Seon Ho asli, padahal ia sebenarnya Min Ho yang menyamar.
Namun ternyata menjalani hidup sebagai orang lain bukanlah hal mudah. Ketika Min Ho diberitahu tentang jadwal meeting dengan Cho Su Hwan dari SB Group, ia harus mencari-cari informasi terlebih dahulu secara sembunyi-sembunyi, karena yang biasa menjalani meeting adalah Seon Ho.

Didalam penjara, Jeong Woo masih terus mempelajari kasusnga melalui dokumen dari Jun Hyuk. Membaca itu, ia mulai bertanya-tanya apakah benar ia telah membunuh istrinya sendiri, orang yang sangat ia cintai. Ia bahkan membayangkan kejadian pembunuhan itu saat membaca dokumen kasusnya. Tapi yang paling membuatnya frustasi adalah ia sama sekali tidak bisa mengingat apapun.

Defendant eps 3

Eun Hye berhasil mendapat video penyelidikan reka kejadian kasus Jeong Woo dari temannya di kantor kejaksaan dan segera mempelajarinya di kamarnya. Dari video tersebut, Jeong Woo memperagakan bagaimana ia membunuh istrinya. Selain itu, ia mencari nama Jeong Woo di pencarian online. Dari situ ia tahu bahwa orang yang menjadi jaksa dalam kasus Jeong Woo adalah teman Jeong Woo sendiri yang sudah berteman bahkan selama 15 tahun.

Defendant eps 3

Esok harinya ia datang menemui Jun Hyuk. Ia mengatakan bahwa orang dalam video investigasi reka peristiwa bukanlah Jeong Woo namun hanya orang pengganti. Awalnya Jun Hyuk tidak begitu mengakuinya, namun setelah memberikan bukti atas apa yang dikatakannya, akhirnya Jun Hyuk mengakui itu.

Min Ho kembali ke apartemen Seon Ho. Lalu resepsionis memberikan sebuah surat yang baru saja sampai untuknya. Begitu dibuka, isinya adalah sebuah foto Min Ho bersama Seon Ho. Min Ho merasa diteror atas kejadian itu.

Defendant eps 3

Eun Hye datang mengunjungi Jeong Woo membawa surat persetujuaan pembelaan. Tapi Jeong Woo menolak dengan tegas. Ia justru bersikap keras dan kemudian meninggalkan Eun Hye. Ketika Eun Hye hendak menandatangani surat kunjungan polisi, ia mengambil pulpen namun sudah tidak ada isinya. Ternyata Jeong Woo mengambilnya sebagai alat untuk melarikan diri. Bertepatan dengan itu, Min Ho datang ke kantor polisi tersebut untuk menemui Jeong Woo. Keinginannya terkabul, ia bertemu dengan Jeong woo yang saat itu sedang dikejar-kejar polisi karena hendak melarikan diri. Jeong Woo menahan Min Ho sebagai sandera dan mengarahkan ujung tinta pulpen yang tajam kearah mata Min Ho. Dengan phobianya terhadap benda tajam, Min Ho hanya bisa menurut dan tidak berani melawan. Namun tiba-tiba Tae Soo, adik iparnya yang ternyata seorang petugas polisi muncul dan menghentikannya. Ia juga mempersalahkan Jeong Woo atas apa yang menimpa Ji Soo serta keponakannya. Ketika Jeong Woo dimasukkan kembali dalam tahanan. Tae Soo kembali menemuinya. Ia terlihat begitu marah pada Jeong Woo serta memintanya untuk mengingat dimana keberadaan Ha Yeon (anak Jeong Woo).

Defendant eps 3

Pada awalnya Jeong Woo memutuskan untuk menyerah dan tidak ingin naik banding. Jun Hyuk bahkan sudah datang ke tahanan untuk membawakan surat persetujuan. Namun ketika hampir saja ia membubuhkan cap jarinya, Jeong Woo berubah pikiran. Ia ingin mencari tahu mengapa ia masih hidup setelah apa yang ia lakukan dan mencari tahu kebenarannya.

Alasan lainnya adalah ia menemukan tulisan yang ia buat di lantai sel hukuman. Itu membuatnya bertanya-tanya mengapa ia membuat tulisan itu disana. Itu adalah sesuatu yang ia lakukan sebelum ia kehilangan lagi ingatannya. Sayangnya ia kembali dipindahkan ke sel tahanan umum. Jeong Woo mencari-cari cara untuk bisa membuatnya dibawa ke sel hukuman. Caranya? Ia membuat masalah dengan berkelahi, tentu dengan tahanan lain dan itu berhasil. Ia dimasukkan kedalam sel hukuman, tapi ternyata bukan di sel yang sama tempat dimana ia mengukir tulisan karena sel itu sudah terisi. (Poor him T.T)

Defendant eps 3

Tidak disangka narapidana yang berada di sel hukuman dimana Jeong Woo mengukir tulisan adalah Shin Cheol Shik. Keduanya saling mengenali.
*Ini yang terjadi satu minggu sebelum persidangan pertama (rahasia dibalik ukiran petunjuk di lantai sel hukuman) …

Defendant eps 4

Jeong Woo masih dengan tekun mempelajari kasusnya dalam ruang tahanan. Tiba-tiba para petugas masuk ke ruang tahanannya dan menggeledah. Mereka menemukan sebungkus rokok dari loker barang Jeong Woo. Tentu Jeong Woo mengelak karena itu bukan miliknya, nanun petugas tetap membawanya ke sel hukuman. Petugas juga mengambil dokumen serta catatan Jeong Woo. Rupanya itu semua adalah perintah Min Ho yang bersekongkol dengan kepala penjara untuk membuat Jeong Woo kembali kehilangan memorinya dan kalah dalam persidangan. Tentu saja kepala penjara mau menuruti perintah Min Ho dengan iming-iming dipindahkan ke Seoul. Namun sebenarnya ia lama-kelamaan mulai dibuat jengkel dengam segala perintah Min Ho yang seenaknya.

Defendant eps 4

Jeong Woo merasa putus asa. Persidangannya sebentar lagi, tapi ia justru ada dalam sel tahanan sehingga tidak bisa mempersiapkan diri. Ditambah lagi Tae Soo yang juga salah satu petugas polisi di penjara itu tidak mau membantunya. Tapi ia putuskan untuk tetap berusaha. Ia mengukir dengan kuku tangannya di lantai sel yang keras agar ketika ia kembali kehilangan memori, ia memiliki petunjuk untuk mengingat.
Kembali pada pertemuan antar sel hukuman Jeong Woo dengan Cheol Shik. Cheol Shik mengambil kesempatan dari ukiran yang ia baca di lantai sel tahanan. Ia baru mau mengatakan apa yang terukir di lantai kalau Jeong Woo bisa mengeluarkannya dari sel hukuman ke ruang tahanan biasa. (Nothing is meant to be free alias give and take ya … hmmmm)

Tapi karena Jeong Woo sangat membutuhkan petunjuk itu, ia melakukan seperti yang Cheol shik mau. Jeong Woo berhasil membebaskannya dengan cara meminta Tae Soo untuk membebaskan Cheol Shik dan sebagai gantinya Jeong Woo memberitahukan dimana ia mengubur Ha Yeon.

Defendant eps 4

Setelah itu, Jeong Woo meminta petunjuk ukiran dalam sel pada Cheol Shik yaitu “Bel pintu”. Namun Cheol Shik sangat pintar. Ia akan memberitahukan setiap petunjuk satu persatu. Tentu tidak secara gratis tapi ditukar dengan apa permintan Cheol Shik.

Defendant eps 4

Eun Hye datang ke kantor Jun Hyuk. Mereka berdebat tentang Jeong Woo. Eun Hye merasa bahwa Jun Hyuk ingin membuat Jeong Woo kalah dalam persidangan. Menurut Jun Hyuk, ada kemungkinan Jeong Woo hanya berpura-pura lupa ingatan karena itu selalu terjadi di momen-momen penting. Terlebih lagi sebelum ia kehilangan ingatan untuk yang ketiga kalinya, Jeong Woo sempat mengakui bahwa ia yang membunuh istri dan anaknya. Mendengar semua praduga Jun Hyuk, kepercayaan Eun Hye pada Jeong Woo jadi goyah. Ia tidak tahu harus percaya pada Jeong Woo atau tidak.

Defendant eps 4

Ditempat lain, Min Ho dibuat stress dengan permintaan ayahnya untuk beradu anggar dengan seorang juara anggar yang disponsori oleh Chamyung Group. Ini semua karena phobia terhadap benda tajam yang ia derita akibat trauma dari insiden yang pernah ia alami saat remaja. Ditambah lagi ia menemukan amplop berisi diagnosa medis yang entah tiba-tiba bisa ada dimeja kantornya. Tapi ia tetap berlatih demi mencegah adanya kecurigaan bahwa ia bukanlah Seon Ho.

Defendant eps 4

Eun Hye mengunjungi Jeong Woo di penjara untuk mencari kepastian apakah ia bisa mempercayai Jeong Woo atau tidak. Namun jawaban Jeong Woo untuk setiap pertanyaannya membuat Eun Hye yakin bahwa Jeong Woo benar-benar kehilangan memorinya. Pada awalnya Jeong Woo masih menolak pertolongan Eun Hye, namun akhirnya ia luluh dengan perkataan Eun Hye dan mau menerima gadis itu sebagai pengacaranya.

Defendant eps 4

Malam itu Jeong Woo kembali memipikan istrinya dan kali ini ia mendengar bunyi bel. Dari situ ia yakin bahwa dimalam kejadian istrinya dibunuh, seseorang datang kerumahnya.

Jeong Woo kemudian meminta untuk bertemu Jun Hyuk dan mereka pun bertemu di kantor kejaksaan. Disitu, Jeong Woo memberitahukan pada Jun Hyuk bahwa ia mengingat sesuatu, bahwa di malam kejadian ia mendengar bunyi bel dan seseorang datang kerumahnya. Namun ternyata itu bukan sesuatu yang menyenangkan untuk Jun Hyuk dengar, karena orang yang membunyikan bel dan datang pada malam itu adalah Jun Hyuk.

Defendant eps 4

(BottomSea)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s